KITAB KUNING

MUKADDIMAH QURRAH AIN BI MUHAMMAT AL-DIN

KAJIAN KITAB KUNING

BY: DR. H. ZAINUDDIN MZ, LC., MA

DIREKTUR MARKAZ TURATS NABAWI _ PUSAT STUDI HADITS

NAMA KITAB : QURRAH AIN BI MUHIMMAT AL-DIN

PENTERJEMAH : DR. H. ZAINUDDIN MZ

UPDATE TERBARU KARYA UST. H. ZAINUDDIN MZ _ KLIK DI SINI.

MUKADDIMAH QURRAH AIN BI MUHAMMAT AL-DIN

Kitab “Qurrah Ain bi Muhimmat al-Din” merupakan karya Ahmad bin Abdul Aziz bin Zainuddin al-Malibari al-Fannani (987H.). Yaitu merupakan ringkasan terhadap kitab “Manhaj Thullab”, karya Abu Yahya Zakariya al-Anshari (823-926H.).

APLIKASI HADITS – VERIVIKASI NATIONAL & INTERNATIONAL _ KLIK DI SINI.

Walaupun ringkas namun padat, al-Malibari pada beberapa bagian juga memberikan kata penjelas-penjelasan dengan menyebutkan contoh-contohnya. Misalnya pada pasal syarat shalat, ia menyebutkan bahwa ada lima syarat shalat, salah satunya adalah suci dari hadats dan suci dari jinabat. Suci dari hadats dapat dilakukan dengan wudhu. Kemudian memaparkan syarat wudhu. Yakni ada lima, yaitu air mutlak, sampainya air pada anggota wudhu, tidak ada hal yang dapat mengubah air, tidak ada penghalang, dan sudah masuk waktu shalat.

PENDIDIKAN & PELATIHAN ILMU HADITS – BERSAMA DR. H. ZAINUDDIN MZ, LC., MA _ KLIK DI SINI.

Sistematika penyusunan kitab ini dimulai dengan pendahuluan, shalat, zakat, puasa, haji dan umrah, jual beli, wakalah, pengupahan, ariyah, hibah, waqaf, ikrar, wasiat, faraid, pernikahan, tindak pidana, kemurtadan, sanksi hukuman, jihad, peradilan, dakwaan dan pembuktian, dan diakhiri dengan pemerdekaan budak sebagai tafaul agar penulis dan pembacanya terbebas dari neraka.

DAFTAR PELATIHAN TAHSIN SHALAT BERSAMA UST. H. ZAINUDDIN MZ _ KLIK DI SINI.

Kitab Syarahnya.

Ditemukan beberapa ulama yang memberi syarah (penjelasan lebih lanjut). Di antaranya adalah:

  1. Fathul Mu’in bi Syarh Qurrah Ain, karya Ahmad bin Abdul Aziz bin Zainuddin al-Malibari al-Fannani (987H.). Yakni penyusun kitab aslinya sendiri.
  2. Nihayah Zain fi Irsyad Mubtadi-in Syarh Qurrah Ain, karya Muhammad Nawawi al-Banteni (1230H/1813M).
  3. Ianatu Thalibin. (إعانة الطالبين)
  4. (خلاصة الفقه الاسلامي علي مذهب الامام الشافعي)
  5. (النظم الوفي في الفقه الشافعي)
  6. (ترشيح المستفيدين)
PASANG IKLAN ANDA DI SINI_KLIK DI SINI.

الكِتابُ: قُرَّةُ العَيْنِ بِمُهِمّاتِ الدّينِ

المُؤَلِّفُ: زَيْنُ الدّينِ أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ العَزِيزِ بْنِ زَيْنِ الدّينِ بِنُ عَليِّ بْنِ أَحْمَدَ اَلْمَعْبَري الْمِلِيبَارِيُّ الهِنْديُّ ( المُتَوَفَّى: 987 ه )

MUKADIMAH

مُقَدِّمَةٌ

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

اَلحَمْدُ لِّلهِ اَلَّذِي هَدَانَا لِهَذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَديَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللّهُ والصَّلاةُ والسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ رَسولِ اللّهِ, وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الفَائِزِينَ بِرِضَى اللَهِ, وَبَعْدُ:

AMANKAN PERANGKAT ANDA DARI KEJAHATAN CYBER !!! GUNAKAN EMAILMU – DAFTAR GRATIS – UNDUH SOFTWARENYA – KLIK DI SINI.

Dengan nama Allah yang maha pengasih, maha penyayang. Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami hidayah, tidaklah kami menerima hidayah sekiranya bukan Allah yang mengaruniainya. Salam dan shalawat semoga terlimpah untuk baginda Muhammad Rasul Allah, untuk para keluarga dan sahabat yang beroleh kemenangan dengan ridha Allah swt.

فَهَذَا مُخْتَصَرٌ فِي الفِقْهِ عَلَى مَذْهَبِ الْاِمَامِ الشّافِعيِّ رَحِمَهُ اللّهُ تَعَالَى. وَسَمَّيْتُهُ بِ (( قُرَّةِ الْعَيْنِ بِمُهِمَّاتِ الدِّيْنِ )) رَاجِيًا مِنَ الرَّحْمنِ أَنْ يَنْتَفِعَ بِهِ الْأَذْكِيَاءُ وَأَنْ تَقَرَّ بِهِ عَيْنِي غَدًا بِالنَّظَرِ إِلَى وَجْهِهِ الْكَرِيْمِ بُكْرَةً وَعَشِيًّا.

Inilah ringkasan fikih sesuai dengan madzhab Syafii yang aku beri judul ))Qurrah Ain bi Muhimmat al-Din((. Berharap kepada Allah agar dengannya bermanfaat bagi para cendekia, dan dengannya pula pandanganku menjadi cemerlang besok untuk dapat melihat wajah-Nya yang maha mulia di setiap pagi dan petang.

BACA SELANJUTNYA KLIK DI SINI.

ASAH BAHASA ASING UNTUK PUTRA-PUTRI ANDA & UMUM – TEMUKAN MENTORNYA – GUNAKAN EMAILMU – DAFTAR AKUNMU – GRATIS – KLIK DI SINI.
SILAHKAN IKUTI KAMI & SHARE KE SESAMA - SEMOGA BERMANFAAT :
error: MAAF !!