TARTIB SHALAT

RISALAH BACAAN AL-QUR’AN SETELAH AL-FATIHAH

FORMAT BARU FATWA-FATWA TARJIH : TANYA JAWAB AGAMA

BY: DR. H. ZAINUDDIN MZ, LC., MA – NBM: 984477

DIREKTUR MARKAZ TURATS NABAWI _ PUSAT STUDI HADITS

34. RISALAH BACAAN AL-QUR’AN SETELAH AL-FATIHAH

1. TAMBAHAN BACAAN AL-QUR’AN

Setelah selesai membaca surat al-Fatihah, untuk raka’at pertama dan kedua disyari’atkan menambah dengan bacaan su¬rat Al-Qur’an yang lain.

Hadits Abu Qatadah ra.:

وَعَنْ أَبِي قَتَادَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: (كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ مِنْ صَلَاةِ الظُّهْرِ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَسُورَتَيْنِ, يُطَوِّلُ فِي الْأُولَى وَيُقَصِّرُ فِي الثَّانِيَةِ) (وَيُسْمِعُنَا الْآيَةَ أَحْيَانًا) (وَيَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُخْرَيَيْنِ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ) (وَهَكَذَا فِي صَلَاةِ الْعَصْرِ) (وَكَانَ يُطَوِّلُ فِي الرَّكْعَةِ الْأُولَى مِنْ صَلَاةِ الصُّبْحِ, وَيُقَصِّرُ فِي الثَّانِيَةِ)

Abu Qatadah ra. berkata: (Rasulullah saw. sewaktu shalat Dzuhur pada dua rakaat pertama membaca surat al-Fatihah dan dua surat lain. Nabi memperpanjang pada rakaat pertama dan memperpendek pada rakaat kedua) (kadang Nabi saw. memperdengarkan bacaannya) (pada dua rakaat yang terakhir Nabi hanya membaca surat al-Fatihah) (Sedemikian pula ketika Nabi shalat Ashar) (Dan Nabi saw. memperpanjang bacaan pada rakaat pertama sewaktu shalat Subuh dan memperpendek pada rakaat yang kedua).

Hr. Bukhari: 725, 728, 743; Muslim: 451; Abu Dawud: 798; Nasai: 975, 977, 978; Ibnu Majah: 819, 829; Ahmad: 22616, 22670.

Hadits Ubadah bin Shamit

وَعَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لَا صَلَاةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ فَصَاعِدًا

Dinarasikan Ubadah bin Shamit ra., Rasulullah saw. bersabda: Tidak ada shalat kecuali dengan membaca surat al-Fatihah dan surat lainnya.

Hr. Bukhari: 723; Muslim: 394; Abu Dawud: 822; Tirmidzi: 247; Nasai: 911; Ahmad: 22801.

UPDATE TERBARU KARYA UST. H. ZAINUDDIN MZ _ KLIK DI SINI.

2. SATU SURAT UNTUK SATU RAKA’AT

Biasanya Nabi saw. menghatamkan satu surat lengkap un¬tuk satu raka’at shalatnya.

Hadits Abu Hurairah

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَرَأَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ: {قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ} وَ {قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ}

Abu Hurairah ra. berkata: Rasulullah saw. pada dua rakaat sebelum Subuh membaca surat al-Kafirun dan surat al-Ikhlas.

Hr. Muslim: 726; Abu Dawud: 1256; Nasai: 945; Ibnu Majah: 1148.

Hadits Abdullah bin Mas’ud

وَعَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: مَا أُحْصِي مَا سَمِعْتُ مِنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ, وَفِي الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الْفَجْرِ بِـ {قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ} وَ {قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ}

Abdullah bin Mas’ud ra. berkata: Tidak terhitung aku mendengar Rasulullah saw. setelah Maghrib dan sebelum Subuh pada dua rakaatnya membaca surat al-Kafirun dan surat al-Ikhlas.

Hr. Tirmidzi: 431; Ibnu Majah: 1166; Thabrani dalam Ausath: 5767; Abu Ya’la dallam Musnad: 5049.

Hadits Seorang Sahabat

وَعَنْ رَجُلٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لِكُلِّ سُورَةٍ رَكْعَةٌ

Dinarasikan seorang sahabat, Rasulullah saw. bersabda: Satu surat untuk satu rakaat.

Hr. Thahawi dalam Syarah Maani Atsar: 2029; Ibnu Nashar dalam Qiyam Lain: 61.

Hadits Aisyah

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ: كَانَ رَسُول اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: نِعْمَ السُّورَتَانِ هُمَا تُقْرَآنِ فِي الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ: {قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ}, وَ {قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ}

Dinarasikan Aisyah ra., Rasulullah saw. bersabda: Indahnya dua surat sekiranya dibaca pada dua rakaat sebelum Fajar. Yaitu surat al-Kafirun dan surat al-Ikhlas.

Hr. Ibnu Hibban: 2461; Ibnu Majah: 1150; Ahmad: 26064.

Hadits Nabi saw. yang menerangkan masalah ini cukup banyak, di antaranya Nabi saw. melaksanakan shalat hari raya dengan membaca surat al-Ghasiyah untuk rakaat pertama dan surat al-A’la untuk rakaat yang kedua.

Pada shalat sunah tawaf Nabi saw. membaca surat al-Kafirun untuk rakaat yang pertama dan surat al-Ikhlas untuk rakaat yang kedua.

Dalam shalat witir yang tiga raka’at, Nabi saw. membaca surat al-A’la untuk raka’at yang pertama, surat al-Kafirun untuk raka’at yang kedua dan surat al-Ikhlas untuk raka’at yang ketiga.

Begitulah dalam pelaksanaan shalat-shalat lainnya. Sehingga hikmah Ilahi kadang satu surat itu jumlah ayatnya cukup panjang, kadang sedang dan kadang sangat singkat. Maka kita diperkenankan untuk memilih batas berapa ayat yang dapat mengantarkan kekhusu’an dalam shalat, setiap manusia memiliki takaran yang berbeda-beda.

APLIKASI HADITS – VERIVIKASI NATIONAL & INTERNATIONAL _ KLIK DI SINI.

3. SATU SURAT UNTUK DUA RAKA’AT

Satu surat Al-Qur’an dapat dibaca untuk dua atau beberapa raka’at. Yakni dengan membaginya menjadi dua atau menjadi beberapa ruku’. Biasanya secara tematik, surat yang ayatnya banyak dikelompokkan pada batas-batas ruku’.

Hadits Jabir bin Samurah:

كَانَ يَقْرَأُ الْوَاقِعَةَ وَ نَحْوَهَا مِنَ السُّوَرِ فِى الرَّكْعَتَيْنِ

Nabi saw. membaca surat al-Waqi’ah dan surat lain yang sejenis untuk pelaksanaan dua raka’at. HR. Hakim, Ahmad dan Ibn Khuzaimah. Hadits ini dinilai sah oleh Hakim dan disepakati oleh Dzahabi. (Periksa Husain Audah al-Awayisah, Mausu’ah Fiqhiyah Muyassarah: 2/36.

4. PENGGABUNGAN BEBERAPA SURAT UNTUK SATU RAKA’AT

Boleh juga dua macam surat Al-Qur’an atau lebih digabungkan untuk pelaksanaan satu raka’at.

Hadits Abdullah bin Mas’ud

وَعَنْ أَبِي وَائِلٍ قَالَ: (غَدَوْنَا عَلَى عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يَوْمًا بَعْدَ مَا صَلَّيْنَا الْغَدَاةَ, فَسَلَّمْنَا بِالْبَابِ, فَأَذِنَ لَنَا,قَالَ: فَمَكَثْنَا بِالْبَابِ هُنَيَّةً, قَالَ: فَخَرَجَتْ الْجَارِيَةُ فَقَالَتْ: أَلَا تَدْخُلُونَ؟ فَدَخَلْنَا, فَإِذَا هُوَ جَالِسٌ يُسَبِّحُ, فَقَالَ: مَا مَنَعَكُمْ أَنْ تَدْخُلُوا وَقَدْ أُذِنَ لَكُمْ؟ فَقُلْنَا: لَا, إِلَّا أَنَّا ظَنَنَّا أَنَّ بَعْضَ أَهْلِ الْبَيْتِ نَائِمٌ, قَالَ: ظَنَنْتُمْ بِآلِ ابْنِ أُمِّ عَبْدٍ غَفْلَةً؟ قَالَ: ثُمَّ أَقْبَلَ يُسَبِّحُ حَتَّى ظَنَّ أَنَّ الشَّمْسَ قَدْ طَلَعَتْ, فَقَالَ: يَا جَارِيَةُ انْظُرِي هَلْ طَلَعَتْ؟ قَالَ: فَنَظَرَتْ فَإِذَا هِيَ لَمْ تَطْلُعْ, فَأَقْبَلَ يُسَبِّحُ حَتَّى إِذَا ظَنَّ أَنَّ الشَّمْسَ قَدْ طَلَعَتْ قَالَ: يَا جَارِيَةُ انْظُرِي هَلْ طَلَعَتْ؟ فَنَظَرَتْ فَإِذَا هِيَ قَدْ طَلَعَتْ, فَقَالَ: الْحَمْدُ للهِ الَّذِي أَقَالَنَا يَوْمَنَا هَذَا, وَلَمْ يُهْلِكْنَا بِذُنُوبِنَا, فَقَالَ رَجُلٌ مِنْ الْقَوْمِ:) (يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ, كَيْفَ تَقْرَأُ هَذَا الْحَرْفَ؟ أَلِفًا تَجِدُهُ أَمْ يَاءً؟ {مِنْ مَاءٍ غَيْرِ آسِنٍ} أَوْ {مِنْ مَاءٍ غَيْرِ يَاسِنٍ}, فَقَالَ عَبْدُ اللهِ: وَكُلَّ الْقُرْآنِ قَدْ) (قَرَأتَ غَيْرَ هَذَا الْحَرْفِ؟ قَالَ: نَعَمْ) (إِنِّي لَأَقْرَأُ الْمُفَصَّلَ فِي رَكْعَةٍ) (فَقَالَ عَبْدُ اللهِ: هَذًّا كَهَذِّ الشِّعْرِ, إِنَّ أَقْوَامًا يَقْرَءُونَ الْقُرْآنَ) (يَنْثُرُونَهُ نَثْرَ الدَّقَلِ, لَا يُجَاوِزُ تَرَاقِيَهُمْ) (وَلَكِنْ إِذَا وَقَعَ فِي الْقَلْبِ فَرَسَخَ فِيهِ, نَفَعَ, إِنَّ أَفْضَلَ الصَّلَاةِ الرُّكُوعُ وَالسُّجُودُ) (إِنَّا لَقَدْ سَمِعْنَا الْقَرَائِنَ, وَإِنِّي لَأَحْفَظُ الْقَرَائِنَ الَّتِي كَانَ) (رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرُنُ بَيْنَهُنَّ) (اثْنَتَيْنِ فِي رَكْعَةٍ, عِشْرِينَ سُورَةً فِي عَشْرِ رَكَعَاتٍ) (ثُمَّ قَامَ فَدَخَلَ) (فَجَاءَ عَلْقَمَةُ لِيَدْخُلَ عَلَيْهِ فَقُلْنَا لَهُ: سَلْهُ عَنْ النَّظَائِرِ الَّتِي كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ بِهَا فِي رَكْعَةٍ, فَدَخَلَ عَلَيْهِ فَسَأَلَهُ ثُمَّ خَرَجَ عَلَيْنَا فَقَالَ: عِشْرُونَ سُورَةً) (مِنْ أَوَّلِ الْمُفَصَّلِ عَلَى تَألِيفِ ابْنِ مَسْعُودٍ, آخِرُهُنَّ الْحَوَامِيمُ {حم الدُّخَانِ}, وَ {عَمَّ يَتَسَاءَلُونَ}) (وَكَانَ أَوَّلُ مُفَصَّلِ ابْنِ مَسْعُودٍ {الرَّحْمَنُ}) وَفِي رِوَايَةٍ: (ثَمَانِيَةَ عَشَرَ مِنْ الْمُفَصَّلِ, وَسُورَتَيْنِ مِنْ آلِ {حم}) وَفِي رِوَايَةٍ: ( لَكِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْرَأُ النَّظَائِرَ, السُّورَتَيْنِ فِي رَكْعَةٍ: {النَّجْمِ} وَ {الرَّحْمَنُ} فِي رَكْعَةٍ، و {اقْتَرَبَتْ} و {الْحَاقَّةُ} فِي رَكْعَةٍ، وَ {الطُّورَ} وَ {الذَّارِيَاتِ} فِي رَكْعَةٍ، و {إِذَا وَقَعَتْ} وَ {نُون} فِي رَكْعَةٍ، وَ {سَأَلَ سَائِلٌ} وَ {النَّازِعَاتِ} فِي رَكْعَةٍ، وَ {وَيْلٌ لِلْمُطَفِّفِينَ}، وَ {عَبَسَ} فِي رَكْعَةٍ، وَ {الْمُدَّثِّرُ} وَ {الْمُزَّمِّلُ} فِي رَكْعَةٍ، وَ {هَلْ أَتَى} وَ {لَا أُقْسِمُ بِيَوْمِ الْقِيَامَةِ} فِي رَكْعَةٍ، وَ {عَمَّ يَتَسَاءَلُونَ} وَ {الْمُرْسَلاتِ} فِي رَكْعَةٍ، وَ {الدُّخَانَ} وَ {إِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ} فِي رَكْعَةٍ)

Abu Wail berkata: (Pada suatu hari kami pergi menuju ke rumah Abdullah bin Mas’ud. Yakni setelah shalat Subuh. Kami ucapkan salam di pintu, dan kami pun diberi izin. Kami berhenti sejenak di pintu. Lalu seorang pembantunya berkata: Tidakkah kalian masuk? Lalu kami pun masuk. Ternyata Ibnu Mas’ud sedang shalat sunah dengan duduk. Ia berkata: Apa yang menghalangi kalian sehingga tidak masuk, padahal kalian telah diberi izin? Kami menjawab: Kami hanya mengira penghuninya masih tidur. Apakah kalian mengira keluarga putra Umi Abdullah lupa shalat? Lalu ia pun hendak shalat sunah dan mengira matahari telah terbit. Ia bertanya: Wahai pembantuku, lihatlah, apakah matahari telah terbit? Ia pun melihat dan ternyata matahari belum terbit. Ia pun hendak shalat sunah dan mengira matahari telah terbit. Ia berkata: Wahai pembantuku, apakah matahari telah terbit? Ia pun melihat dan ternyata matahari masih belum terbit juga. Kemudian ia hendak shalat sunah dan mengira matahari telah terbit. Ia berkata: Wahai pembantuku, apakah matahari telah terbit? Ia pun melihat dan ternyata matahari telah terbit. Lalu Ibnu Mas’ud berkata: Alhamdulillah yang masih memberi kehidupan di hari ini, dan Dia belum mematikan lantaran dosa kami. Lalu seseorang bertanya) (Wahai Abu Abdurrahman. Bagaimana anda membaca huruf ini, pakai alif atau ya’? (firman-Nya min main ghaira asin) (atau min main ghaira yasin). (Abdullah baik bertanya: Apakah setiap ayat) (anda baca selain huruf itu? Ia menjaban: Benar) (sesungguhnya aku telah membaca surat mufashal pada setiap rakaat) (Abdullah berkata: Secepat itu, seperti bacaan sair. Sesungguhnya ada kaum yang membaca Al-Qur’an) (bersajak yang sangat lemah, tidak sampai ke tenggorakannya) (Jika bacaannya sampai ke hati dan meresap padanya tentu akan bermanfaat. Sesungguhnya yang terutama dalam shalat adalah posisi ruku’ dan sujud) (Kami telah mendengar rangkaian Al-Qur’an yang) (pernah dilakukan Nabi) (dua surat untuk satu rakaat, dan dua puluh surat untuk sepuluh rakaat) (Lalu ia bangkit) (Tiba-tiba Alqamah hadir dan kami berkata padanya: Coba tanyakan tentang surat-surat yang digabung Nabi dalam satu rakaat). Ia pun menanyakannya lalu ia keluar dan berkata pada kami: Dua puluh surat) (dari awal surat-surat mufashal sesuai dengan rincian Ibnu Mas’ud. Yakni al-Rahman. Dalam riwayat lain: (delapan belas surat, dan dua surat dari Alif lam mim, ha’ mim. Dalam riwayat lain: (Nabi saw. membaca dua surat yang setema. Yaitu al-Najm dan al-Rahman dalam satu rakaat, iqtarabat dan haqah dalam satu rakaat, al-Thur dan al-Dzariyat dalam satu rakaat, idza waqaat dan nun dalam satu rakaat, saala sailun dan al-Naziat dalam satu rakaat, wailul lil muthaffifin dan abasa dalam satu rakaat, al-Muddattsir dan al-Muzammil dalam satu rakaat, hal ata dan la uqsimu bi yaumil qiyamah dalam satu rakaat, amma yatasaalun dan al-Mursalat dalam satu rakaat, al-Dukhan dan idzas syamsu kuwwirat dalam satu rakaat.

Hr. Bukhari: 742, 4710, 4756; Muslim: 822; Abu Dawud: 1396; Tirmidzi: 602; Nasai: 1004, 1005, 1006; Ahmad: 3607, 3910, 3968, 3999.

Hadits Aisyah

وَعَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ شَقِيقٍ قَالَ: قُلْتُ لِعَائِشَةَ: هَلْ كَانَ رَسُول اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: يَقْرِنُ بَيْنَ السُّورَتَيْنِ؟، قَالَتْ: مِنْ الْمُفَصَّلِ

Abdullah bin Syaqiq berkata: Aku bertanya Aisyah, apakah Nabi saw. pernah menggabungkan dua surat? Ia menjawab: Ya, yaitu dari surat-surat mufashal.

Hr. Hakim: 976; Abu Dawud: 1292; Ahmad: 25728; Abu Dawud Thayalisi dalam Musnad: 1555.

Hadits Ibnu Umar

وَعَنْ نَافِعٌ قَالَ: رُبَّمَا أَمَّنَا ابْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا بِالسُّورَتَيْنِ وَالثَّلَاثِ فِي الْفَرِيضَةِ.

Nafi’ berkata: Kadang Ibnu Umar mengimami kami dengan membaca dua atau tiga surat dalam shalat fardhu.

Hr. Malik: 174; Ahmad: 4610; Baihaqi: 2310; Abdurrazaq dalam Mushanaf: 2847.

Hadits Umar bin Khatthab

عَنْ الْأَعْرَجِ قَالَ: قَرَأَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ بِـ {النَّجْمِ إِذَا هَوَى}, فَسَجَدَ فِيهَا, ثُمَّ قَامَ فَقَرَأَ بِسُورَةٍ أُخْرَى

A’raj berkata: Umar bin Khatthab membaca surat al-Najm. Lalu ia sujud tilawah. Lalu ia bangkit dan membaca surat lainnya.

Hr. Malik: 483; Baihaqi: 2294; Ibnu Abi Syaibah dalam Mushanaf: 4393.

Hadits Ibnu Umar

وَعَنْ نَافِعٍ قال: كَانَ ابْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا يَقْرَأُ فِي الصُّبْحِ فِي السَّفَرِ بِالْعَشْرِ السُّوَرِ الْأُوَلِ مِنْ الْمُفَصَّلِ, فِي كُلِّ رَكْعَةٍ بِأُمِّ الْقُرْآنِ وَسُورَةٍ

Nafi’ berkata: Sewaktu shalat Subuh di perjalanan, Ibnu Umar membaca sepuluh surat dari awal surat-surat mufashal, setiap rakaatnya membaca surat al-Fatihah dan beberapa surat.

Hr. Malik: 185; Ibnu Abi Syaibah: 3694.

DAFTAR PELATIHAN TAHSIN SHALAT BERSAMA UST. H. ZAINUDDIN MZ _ KLIK DI SINI.

5. PENGULANGAN SURAT

Nabi saw. juga pernah mengulang bacaan suatu surat Al-Qur’an untuk pelaksanaan dua raka’at shalatnya.

Hadits Seorang Suku Juhainah

عَنْ رَجُلٍ مِنْ جُهَيْنَةَ قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الصُّبْحِ {إِذَا زُلْزِلَتْ الْأَرْضُ} فِي الرَّكْعَتَيْنِ كِلْتَيْهِمَا, فلَا أَدْرِي أَنَسِيَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمْ قَرَأَ ذَلِكَ عَمْدًا

Seorang suku Juhainah berkata: Aku mendengar Rasulullah saw. sewaktu shalat Subuh membaca idza zulzilatil ardhu pada dua rakaatnya. Aku tidak tahu, apakah Nabi saw. lupa, atau Nabi membacanya secara sengaja.

Hr. Abu Dawud: 816; Baihaqi: 3829.

Menurut pemahaman ulama, pada dhahirnya memang Nabi saw. membacanya secara sengaja untuk dijadikan bagian dari syari’at Islam. Maka kita boleh meneladani tuntunan tersebut.

6. SATU AYAT UNTUK SATU RAKA’AT

Boleh juga hanya membaca satu ayat Al-Qur’an seperti alif lam mim, yasin, kaf ha’ ya’ ain shad dan sebagainya untuk pelaksanaan satu raka’at.

Hadits Abu Sa’id al-Khudri

وَعَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: أَمَرَنَا نَبِيُّنَا صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نَقْرَأَ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَمَا تَيَسَّرَ

Abu Sa’id al-Khudri ra. berkata: Kami diperintah Nabi saw. untuk membaca surat al-Fatihah dan surat lain yang mudah bagi kami.

Hr. Ibnu Hibban: 1790; Abu Dawud: 818; Ahmad: 11011; Abu Ya’la: 1210.

Hadits Khallad ra.:

اِنَّهُ لاَ يَتِمُّ صَلاَةٌ لأَحَدٍ مِنَ النَّاسِ حَتَّى يُكَبِّرَ وَ يَقْرَأَ بِمَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْآنِ

Tidaklah sempurna pelaksanaan shalat seorang di antara kalian sehingga ia membaca takbir (takbiratul ihram) …, dan membaca apa yang mudah baginya dari hafalan Al-Qur’an. HR. Abu Daud dan Hakim.

Hadits Ibnu Abbas

وَعَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: كَانَ أَكْثَرُ مَا يُصَلِّي رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ: {قُولُوا آَمَنَّا بِاللهِ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْنَا وَمَا أُنْزِلَ إِلَى إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَالْأَسْبَاطِ وَمَا أُوتِيَ مُوسَى وَعِيسَى وَمَا أُوتِيَ النَّبِيُّونَ مِنْ رَبِّهِمْ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْهُمْ وَنَحْنُ لَهُ مُسْلِمُونَ} وَالْأُخْرَى: {فَلَمَّا أَحَسَّ عِيسَى مِنْهُمُ الْكُفْرَ قَالَ مَنْ أَنْصَارِي إِلَى اللهِ قَالَ الْحَوَارِيُّونَ نَحْنُ أَنْصَارُ اللهِ آَمَنَّا بِاللهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ}) وَفِي رِوَايَةٍ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي رَكْعَتَيْ الْفَجْرِ: {قُولُوا آَمَنَّا بِاللهِ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْنَا}, وَالَّتِي فِي آلِ عِمْرَانَ: {قُلْ يَا أَهْلَ الْكِتَابِ تَعَالَوْا إِلَى كَلِمَةٍ سَوَاءٍ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ أَلَّا نَعْبُدَ إِلَّا اللهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهِ شَيْئًا وَلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللهِ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُولُوا اشْهَدُوا بِأَنَّا مُسْلِمُونَ}

Ibnu Abbas ra. berkata: Kebanyakan bacaan Nabi pada dua rakaat sebelum Fajar adalah ayat: Katakanlah (wahai orang-orang mukmin): Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma’il, Ishak, Ya’kub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun diantara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya (Qs. Al-Baqarah: 136); dan ayat: Maka tatkala Isa mengetahui keingkaran mereka (bani lsrail) berkatalah dia: Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakkan agama) Allah? Para hawariyun (sahabat-sahabat setia) menjawab: Kamilah penolong-penolong (agama) Allah, kami beriman kepada Allah; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri (Qs. Ali Imran: 52). Dalam riwayat lain: Pada shalat dua rakaat Fajar, Rasulullah saw. membaca ayat: Katakanlah (wahai orang-orang mukmin): Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami (Qs. Al-Baqarah: 136); dan ayat: Katakanlah: Wahai ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah) (Qs. Ali Imran: 64).

Hr. Muslim: 727; Abu Dawud: 1259; Nasai: 944; Ahmad: 2045.

WEBSITE CLEAN DENGAN HARGA TERJANGKAU _ KLIK DI SINI.

7. HAK BACAAN AL-QUR’AN

Sewaktu membaca ayat-ayat Al-Qur’an supaya tidak dilupakan untuk memberikan hak-hak bacaannya, seperti batasan ruku’ atau pelaksanaan sujud tilawah pada saat membaca ayat-ayat al-Sajadah dan hak-hak lainnya yang biasanya diperdalam dalam ilmu qira’at Al-Qur’an.

Hadits Seorang Sahabat

وَعَنْ رَجُلٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَعْطُوا كُلَّ سُورَةٍ حَظَّهَا مِنْ الرُّكُوعِ وَالسُّجُودِ

Dinarasikan seorang sahabat, Rasulullah saw. bersabda: Berikanlah hak-hak setiap surat, pada ruku’ dan sujudnya.

Hr. Ahmad: 20609; Baihaqi: 4471; Ibnu Abi Syaibah: 3710.

8. MENGHATAMKAN AL-QUR’AN SELAMA TIGA HARI

Demi kefakihan dan kefahaman terhadap ayat yang dibaca maka Nabi saw. tidak membenarkan seseorang menghatamkan bacaan Al-Qur’an kurang dari tiga hari.

Dengan demikian setiap hari dibatasi maksimal sepuluh juz sehingga dapat menghatamkan bacaan Al-Qur’an tidak kurang dari tiga hari.

Bahkan Nabi saw. menunjukkan ketidakrelaannya kepada Abdullah ibn Amr ketika ia menghatamkan bacaan Al-Qur’an dalam waktu yang relatif singkat.

Hadits Abdullah bin Amr

وَعَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَاقَالَ: (كُنْتُ أَصُومُ الدَّهْرَ, وَأَقْرَأُ الْقُرْآنَ كُلَّ لَيْلَةٍ) (فَزَوَّجَنِي أَبِي امْرَأَةً) (ذَاتَ حَسَبٍ, فَكَانَ يَتَعَاهَدُ كَنَّتَهُ فَيَسْأَلُهَا عَنْ بَعْلِهَا, فَتَقُولُ: نِعْمَ الرَّجُلُ مِنْ رَجُلٍ) (لَا يَنَامُ اللَّيْلَ, وَلَا يُفْطِرُ النَّهَارَ) (لَمْ يَطَأ لَنَا فِرَاشًا وَلَمْ يُفَتِّشْ لَنَا كَنَفًا مُنْذُ أَتَيْنَاهُ) (فَوَقَعَ بِي ((أَبِي) (وَقَالَ: زَوَّجْتُكَ امْرَأَةً) (مِنْ قُرَيْشٍ ذَاتَ حَسَبٍ, فَعَضَلْتَهَا وَفَعَلْتَ, وَفَعَلْتَ؟) (قَالَ: فَجَعَلْتُ لَا أَلْتَفِتُ إِلَى قَوْلِهِ, مِمَّا أَرَى عِنْدِي مِنْ الْقُوَّةِ وَالِاجْتِهَادِ) (فَلَمَّا طَالَ ذَلِكَ عَلَيْهِ) (انْطَلَقَ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَشَكَانِي) (فَقَالَ: ائْتِنِي بِهِ, فَأَتَيْتُهُ مَعَهُ, فَقَالَ: كَيْفَ تَصُومُ؟, فَقُلْتُ: كُلَّ يَوْمٍ) (قَالَ: لَكِنِّي أَصُومُ وَأُفْطِرُ, وَأُصَلِّي وَأَنَامُ وَأَمَسُّ النِّسَاءَ فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِي فَلَيْسَ مِنِّي) (فلَا تَفْعَلْ, وَإِنَّ بِحَسْبِكَ أَنْ تَصُومَ فِي كُلِّ شَهْرٍ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ, فَإِنَّ لَكَ بِكُلِّ حَسَنَةٍ عَشْرَ أَمْثَالِهَا, وَإِنَّ ذَلِكَ صِيَامُ الدَّهْرِ كُلِّهِ, فَصُمْ وَأَفْطِرْ, وَقُمْ وَنَمْ, قَالَ: فَشَدَّدْتُ, فَشُدِّدَ عَلَيَّ, فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ إِنِّي أَجِدُ قُوَّةً) (إِنِّي أَقْوَى عَلَى أَكْثَرَ مِنْ ذَلِكَ, قَالَ: فَصُمْ مِنْ الْجُمُعَةِ يَوْمَيْنِ: الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسَ) (فَقُلْتُ: إِنِّي أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ, قَالَ: فَصُمْ يَوْمًا, وَأَفْطِرْ يَوْمَيْنِ) (فَقُلْتُ: إِنِّي أُطِيقُ أَكْثَرَ مِنْ ذَلِكَ, قَالَ: صُمْ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فِي الْجُمُعَةِ, فَقُلْتُ: إِنِّي أُطِيقُ أَكْثَرَ مِنْ ذَلِكَ, قَالَ: فَصُمْ أَفْضَلَ الصَّوْمِ) (صِيَامَ نَبِي اللهِ دَاوُدَ, وَلَا تَزِدْ عَلَيْهِ) (فَإِنَّهُ كَانَ أَعْبَدَ النَّاسِ, فَقُلْتُ: يَا نَبِيَّ اللهِ وَمَا صَوْمُ دَاوُدَ؟) (قَالَ: نِصْفُ الدَّهْرِ) (صِيَامُ يَوْمٍ, وَإِفْطَارُ يَوْمٍ) (وَهُوَ أَعْدَلُ الصِّيَامِ) (فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ إِنِّي أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ, فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لَا أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ) (لَا صَامَ مَنْ صَامَ الْأَبَدَ) (لَا صَامَ وَلَا أَفْطَرَ) (ثُمَّ قَالَ: وَفِي كَمْ تَقْرَأُ الْقُرْآنَ؟) (فَقُلْتُ: كُلَّ لَيْلَةٍ) (قَالَ: فلَا تَفْعَلْ) (فَإِنَّكَ إِذَا فَعَلْتَ, ذَلِكَ, هَجَمَتْ عَيْنَاكَ وَنَفِهَتْ نَفْسُكَ ((فَاقْرَأ الْقُرْآنَ فِي أَرْبَعِينَ) (يَوْمًا) [فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ إِنِّي أُطِيقُ أَكْثَرَ مِنْ ذَلِكَ] (فَقَالَ: يَا عَبْدَ اللهِ, لَا تَكُنْ مِثْلَ فُلَانٍ, كَانَ يَقُومُ اللَّيْلَ, فَتَرَكَ قِيَامَ اللَّيْلِ) (فَاقْرَأ الْقُرْآنَ فِي كُلِّ شَهْرٍ) (فَإِنَّ لِكُلِّ عَمَلٍ شِرَّةً (وَفِي رِوَايَةٍ: فَإِنَّ لِكُلِّ عَابِدٍ شِرَّةً) وَلِكُلِّ شِرَّةٍ فَتْرَةٌ) (فَمَنْ كَانَتْ فَتْرَتُهُ إِلَى سُنَّتِي, فَقَدْ أَفْلَحَ) (وَمَنْ كَانَتْ فَتْرَتُهُ إِلَى مَعَاصِي اللهِ) (فَقَدْ هَلَكَ, فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ إِنِّي أُطِيقُ أَكْثَرَ مِنْ ذَلِكَ) (قَالَ: فَاقْرَأهُ فِي كُلِّ عِشْرِينَ, فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ إِنِّي أُطِيقُ أَكْثَرَ مِنْ ذَلِكَ قَالَ: فَاقْرَأهُ فِي كُلِّ عَشْرٍ, فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ إِنِّي أُطِيقُ أَكْثَرَ مِنْ ذَلِكَ, قَالَ: فَاقْرَأهُ فِي كُلِّ سَبْعٍ) (فَقُلْتُ: إِنِّي أَقْوَى عَلَى أَكْثَرَ مِنْ ذَلِكَ) (قَالَ: اخْتِمْهُ فِي خَمْسٍ, فَقُلْتُ: إِنِّي أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ) (قَالَ: فَاقْرَأهُ فِي ثَلَاثٍ) (وَلَا تَزِدْ عَلَى ذَلِكَ) (فَإنَّهُ مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ فِي أَقَلَّ مِنْ ثَلَاثٍ لَمْ يَفْقَهْهُ) (وَإِنَّ لِزَوْجِكَ عَلَيْكَ حَقًّا) (وَإِنَّ لِضَيْفِكَ عَلَيْكَ حَقًّا, وَإِنَّ لِصَدِيقِكَ عَلَيْكَ حَقًّا) (وَلِجَسَدِكَ عَلَيْكَ حَقًّا) (وَإِنَّ لِوَلَدِكَ عَلَيْكَ حَقًّا) (وَإِنَّكَ لَا تَدْرِي, لَعَلَّكَ يَطُولُ بِكَ عُمُرٌ) وَفِي رِوَايَةٍ: (إِنِّي أَخْشَى أَنْ يَطُولَ عَلَيْكَ الزَّمَانُ, وَأَنْ تَمَلَّ) (قَالَ عَبْدُ اللهِ: فَصِرْتُ إِلَى الَّذِي قَالَ لِي رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا كَبِرْتُ) (وَضَعُفْتُ) (قُلْتُ: يَا لَيْتَنِي قَبِلْتُ رُخْصَةَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ) (وَلَأَنْ أَكُونَ قَبِلْتُ الثَلَاثَةَ الْأَيَّامَ الَّتِي قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَهْلِي وَمَالِي) (لَكِنِّي فَارَقْتُهُ عَلَى أَمْرٍ, أَكْرَهُ أَنْ أُخَالِفَهُ إِلَى غَيْرِهِ) (قَالَ مُجَاهِدٌ: فَكَانَ عَبْدُ اللهِ بْنُ عَمْرٍو حِينَ ضَعُفَ وَكَبِرَ, يَصُومُ الْأَيَّامَ, يَصِلُ بَعْضَهَا إِلَى بَعْضٍ لِيَتَقَوَّى بِذَلِكَ, ثُمَّ يُفْطِرُ بِعَدَدِ تِلْكَ الْأَيَّامِ, وَكَانَ يَقْرَأُ حِزْبَهِ كَذَلِكَ, يَزِيدُ أَحْيَانًا, وَيُنْقِصُ أَحْيَانًا, غَيْرَ أَنَّهُ يُوفِي الْعَدَدَ إِمَّا فِي سَبْعٍ, وَإِمَّا فِي ثَلَاثٍ) (كَرَاهِيَةَ أَنْ يَتْرُكَ شَيْئًا فَارَقَ عَلَيْهِ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ)

Abdullah bin Amr ra. berkata: (Aku biasa berpuasa setahun, menghatamkan Al-Qur’an setiap malam) (Lalu aku hendak dikawinkan oleh bapakku dengan seorang wanita) (yang kaya, dan ia membiasakan menggaulinya untuk mendapatkan anak, dan bertanya ihwal suami harapannya. Wanita itu berkata: Siapapun) (yang tidak tidur di malam hari dan tidak berbuka di siang hari) (tidak menyentuh tikar dan tidak berharap menyentuhnya –menjimaknya- sejak kami mendatanginya) (Maka aku pun) (tertarik padanya) (sedemikian pula bapakku). (Lalu bapakku berkata: Aku kawinkan anda dengan seorang wanita) (dari suku Quraisy yang memiliki kedudukan, namun tidak melayani sebagaimana pelayanan istri pada suami pada umumnya) (Aku tidak menggubris ucapannya, karena aku memiliki keperkasaan dan kemauan keras) (Ketika waktu berlarut-larut) (Bapakku mengadukan aku kepada Nabi saw.) (Lalu Nabi saw. bersabda: Hadirkan dia padaku. Lalu aku menghadiri beliau bersamanya. Nabi saw. bertanya: Bagaimana tata cara puasamu? Aku menjawab: Setiap hari) (Nabi saw. bersabda: Padahal aku kadang berpuasa kadang tidak, kadang aku shalat malam dan tidur dan menggauli istriku. Barangsiapa yang enggan terhadap sunahku, maka ia bukan dari golonganku) (Maka janganlah anda melakkan hal itu, cukup bagimu berpuasa tiga hari setiap bulannya. Sesungguhnya satu kebaikan anda beroleh sepuluh kalinya, maka itu sama halnya anda berpuasa setahun secara sempurna. Maka berpuasa dan berbukalah. Shalatlah malam dan tidurlah. Ia berkata: Aku memperketat diriku, maka akupun terbeban. Lalu aku berkata: Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku masih memiliki kekuatan) (Aku masih memiliki kekuatan lebih dari itu. Maka Nabi saw. bersabda: Kalau begitu berpuasalah pada setiap minggu sebanyak dua hari. Yakni hari Senin dan Kami) (Aku berkata: Aku masih memiliki kekuatan lebih dari itu. Nabi saw. bersabda: Kalau begitu berpuasalah sehari dan berbuka dua hari) (Aku berkata: Aku masih memiliki kekuatan lebih dari itu. Nabi saw. bersabda: Kalau begitu berpuasalah tiga hari setiap minggu. Aku berkata: Aku masih memiliki kekuatan lebih dari itu. Nabi saw. bersabda: Kalau begitu berpuasalah seutama-utamanya puasa) (Yakni puasa Dawud) (Yaitu puasa separuh tahun dan janganlah anda melebihi darinya) (Dia adalah orang yang paling gemar ibadah. Aku bertanya: Wahai Nabi, apa yang dimaksud puasa Dawud? (Nabi saw. bersabda: Yaitu berpuasa separuh tahun) (sehari berpuasa sehari berbuka) (itulah puasa yang paling mulia). (Lalu aku berkata: Wahai Rasulullah, aku masih memiliki kekuatan lebih dari itu. Nabi saw. bersabda: Tidak ada lagi puasa yang lebih mulia dari itu) (tidak ada puasa buat selamanya) (tidak puasa dan tidak pula berbuka). (Lalu Nabi saw. bertanya: Dalam durasi berapa lama anda menghatamkan Al-Qur’an?) (Aku menjawab: Setiap malam) (Nabi saw. bersabda: Janganlah anda melakukan hal itu) (Jika anda paksakan pandanganmu akan lemah dan semangatmu akan mengendur) (hatamkan Al-Qur’an dalam durasi empat puluh hari) (Aku berkata: Aku masih kuat lebih dari itu) (Nabi saw. bersabda: Wahai Abdullah, janganlah anda seperti fulan dan fulan, kadang ia shalat malam kadang tidak) (maka hatamkan Al-Qur’an dalam durasi satu bulan) (Sesungguhnya pada setiap amalan ada kejenuhan, dan pada setiap kejenuhan ada masanya) (Barangsiapa yang masa itu ada kecenderungan padaku, maka berbahagialah dia) (namun jika menjurus pada maksiat) (maka ia akan binasa. Lalu aku berkata: Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku masih mampu lebih dari itu) (Nabi saw. bersabda: Kalau begitu hatamkan Al-Qur’an dalam durasi dua puluh hari. Aku berkata: Wahai Rasulullah, aku masih mampu lebih dari itu. Nabi saw. bersabda: kalau begitu hatamkan Al-Qur’an dalam durasi sepuluh hari. Aku berkata: Wahai Rasulullah, aku masih mampu lebih dari itu. Rasulullah saw. bersabda: Kalau begitu hatamkan Al-Qur’an dalam durasi seminggu) (Aku berkata: Aku masih mampu lebih dari itu). (Nabi saw. bersabda: Kalau begitu hatamkan Al-Qur’an dalam durasi lima hari. Aku berkata: Aku masih mampu lebih dari itu.) (Nabi saw. bersabda: Kalau begitu hatamkan Al-Qur’an dalam durasi tiga hari) (dan jangan anda tambah lagi).

Hr. Bukhari: 1101, 1102,, 1874, 1875, 1876, 1877, 3236, 4765, 4766, 4767, 4903; Muslim: 1159; Ibnu Khuzaimah: 2105; Abu Dawud: 1391, 1395, 2427; Tirmidzi: 2946, 2947; Nasai: 1763, 2377, 2389, 2390, 2392, 2393; Ahmad: 6477, 6540, 6546, 6764, 6958.

AMANKAN PERANGKAT ANDA DARI KEJAHATAN CYBER !!! GUNAKAN EMAILMU – DAFTAR GRATIS – UNDUH SOFTWARENYA – KLIK DI SINI.

Dalam riwayat lain Nabi saw. memberi peringatan keras kepada yang menghatamkan bacaan Al-Qur’an kurang dari tiga hari bahwa dia tidak akan memahami bacaannya.

Hadits Abdullah bin Amr

وَعَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لَمْ يَفْقَهْ مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ فِي أَقَلَّ مِنْ ثَلَاثٍ وَفِي رِوَايَةٍ: مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ فِي أَقَلَّ مِنْ ثَلَاثٍ لَمْ يَفْقَهْهُ (وَإِنَّ لِزَوْجِكَ عَلَيْكَ حَقًّا) (وَإِنَّ لِضَيْفِكَ عَلَيْكَ حَقًّا, وَإِنَّ لِصَدِيقِكَ عَلَيْكَ حَقًّا) (وَلِجَسَدِكَ عَلَيْكَ حَقًّا) (وَإِنَّ لِوَلَدِكَ عَلَيْكَ حَقًّا) (وَإِنَّكَ لَا تَدْرِي, لَعَلَّكَ يَطُولُ بِكَ عُمُرٌ) وَفِي رِوَايَةٍ: (إِنِّي أَخْشَى أَنْ يَطُولَ عَلَيْكَ الزَّمَانُ, وَأَنْ تَمَلَّ) (قَالَ عَبْدُ اللهِ: فَصِرْتُ إِلَى الَّذِي قَالَ لِي رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا كَبِرْتُ) (وَضَعُفْتُ) (قُلْتُ: يَا لَيْتَنِي قَبِلْتُ رُخْصَةَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ) (وَلَأَنْ أَكُونَ قَبِلْتُ الثَلَاثَةَ الْأَيَّامَ الَّتِي قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَهْلِي وَمَالِي) (لَكِنِّي فَارَقْتُهُ عَلَى أَمْرٍ, أَكْرَهُ أَنْ أُخَالِفَهُ إِلَى غَيْرِهِ)

Dinarasikan Abdullah bin Amr ra., Rasulullah saw. bersabda: (Tidak akan fakih bagi mereka yang menghatamkan Al-Qur’an kurang dari tiga hari). Dalam riwayat lain: ( yang menghatamkan Al-Qur’an kurang dari tiga hari, maka ia tidak akan faham). (Sesungguhnya istrimu mempunyai hak) (tamu anda memiliki hak, saudaramu mempunyai hak) (jasadmu mempunyai hak) (anakmu mempunyai hak). (Sesungguhnya anda tidak mengetahui, mungkin anda berusia panjang). Dalam riwayat lain: (Aku kawatir usiamu panjang akhirnya anda jenuh). (Lalu Abdullah berkata: Kenyataannya aku seperti yang diprediksi Nabi. Ketika aku beranjak tua) (dan lemah) (aku berkata: Andai aku dulu menerima kemudahan dari Nabi) (sekiranya aku mau menerima kemudahan dari Nabi, lalu aku cukupi menghatamkan Al-Qur’an dalam tiga hari, maka hal itu lebih aku sukai dari pada keluarga dan hartaku) (Namun aku tinggalkan urusan itu, aku kawatir menyelisihinya).

Hr. Bukhari: 1874, 1876, 4765, 5783; Muslim: 1159; Abu Dawud: 1390, 1394; Tirmidzi: 2949; Nasai: 2391, 2393; Ibnu Majah: 1346; Ahmad: 6477, 6535, 6841.

ASAH BAHASA ASING UNTUK PUTRA-PUTRI ANDA & UMUM – TEMUKAN MENTORNYA – GUNAKAN EMAILMU – DAFTAR AKUNMU – GRATIS – KLIK DI SINI.
SILAHKAN IKUTI KAMI & SHARE KE SESAMA - SEMOGA BERMANFAAT :
error: MAAF !!